Kumpulan Kata Bijak Islami | Cari Kata - Kata Mutiara

Selasa, 18 Juni 2013

Kumpulan Kata Bijak Islami


silaturhami ramadhan 2013
Sumber Image: GambarKATA
Kumpulan Kata Bijak Islami untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1434 H / 2013 M. Bulan suci yang sebentar lagi akan tiba semoga bisa menjadi lebih bermakna dengan hikmah yang bisa kita ambil dari kumpulan Kata Bijak Islami ini.

Kata Bijak Islami ini diantaranya berasal dari ayat suci Al-Qur’an, Hadits, sahabat-sahabat nabi, tokoh-tokoh dan ulama Islam. Semoga kita diberi kesehatan dan panjang umur sampat tiba Bulan Ramadhan 1434 H / 2013 M. Berikut ini Kata-Kata Bijak Islami semoga bermanfaat:


Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra. : aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Siapa pun yang ingin memperbanyak rejekinya dan berumur panjang, harus bersilaturahim dengan sanak kerabat”.


Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’. (QS.2:45), Al Quran

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah SWT, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah SWT benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.16:18), Al Quran

Allah SWT tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (QS.2:286), Al Quran

Sesungguhnya Allah SWT senang melihat hambaNya bersusah payah (lelah) dalam mencari rezeki yang halal. (HR. Ad-Dailami) - Hadits

Sesungguhnya di antara dosa-dosa ada yang tidak bisa dihapus (ditebus) dengan pahala shalat, sedekah atau haji namun hanya dapat ditebus dengan kesusah-payahan dalam mencari nafkah. (HR. Ath-Thabrani) -  Hadist

“Urusan orang mukmin itu sungguh mengagumkan, semua hal baik baginya, dan itu hanya terjadi pada orang yang beriman. Jika memperoleh kesenangan dia bersyukur dan itu baik baginya, dan jika ditimpa kesusahan dia bersabar dan itu baik baginya.” (HR Bukhari dan Muslim) - Hadits 

“Jika sore tiba, janganlah tunggu waktu pagi, jika pagi tiba, janganlah tunggu waktu sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum tiba masa sakitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum tiba ajalmu.” (Ibnu Umar, Putra Umar bin Khattab) 

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku. (Umar bin Khattab r.a) 
Orang yang suka menghina orang lain, dia akan dihina. (Umar bin Khattab r.a) 

Barangsiapa takut kepada Allah SWT niscaya tidak akan dapat dilihat kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah SWT, tidak sia-sia apa yang dia kehendaki. (Umar bin Khattab r.a) 

“Kesabaran itu ada dua macam: kesabaran terhadap sesuatu yang kamu benci dan kesabaran terhadap sesuatu yang kamu sukai.” (Ali bin Abi Thalib r.a.) 

“Sungguh, nikmat itu bersambung dengan rasa syukur dan rasa syukur itu dapat mempengaruhi penambahan nikmat. Keduanya beriringan dalam satu kurun, maka tidak akan terputus tambahan nikmat dari Allah SWT hingga rasa syukur terputus dari seorang hamba.” (Ali bin Abi Thalib r.a.) 

Tanda-tanda orang bijaksana antara lain adalah lidahnya selalu basah dengan dzikrullah. (Utsman bin Affan r.a)

Kemarahan manusia itu bermacam-macam. Ada yang lekas marah, lekas tenang dan lekas hilang. Sebagian lambat marah, lambat pula reda. Sebagian lagi lambat marah tetapi cepat reda. Yang ketiga ini terpuji. (Imam al-Ghozali) 

Gerhana matahari lebih baik dari gerhana nurani. Gerhana bulan masih lebih baik dari gerhana akal pikiran. Sedangkan gerhana nafsu adalah keselamatan bagimu (Anonim) 

Uang + Ahklaqul Karimah akan menjadi modal yang sangat berharga baik untuk Anda sendiri, maupun untuk kemajuan Umat Islam. Kejarlah keduanya. (Anonim) 

Hanya satu motivasi yang ada, yaitu Allah SWT. Adapun motivasi lainnya harus dalam rangka “karena dan/atau untuk” Allah SWT. (Anonim) 

Apakah kita bisa untuk mengemban misi kita? Insya Allah kita bisa, karena Allah SWT Maha Tahu, Allah SWT tahu sampai dimana potensi dan kemampuan kita. Jika kita tidak merasa mampu berarti kita belum benar-benar mengoptimalkan potensi kita. (Anonim) 

Deburan ombak yang tiada henti menjadi tanda zikirnya pada sang Pencipta. Bagaimana dengan kita? (Anonim) 
                     
Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. (Imam An Nawawi) 
                   
Engkau berbuat durhaka kepada Allah SWT, padahal engkau mengaku cinta kepada-Nya. Sungguh aneh keadaan seperti ini. Andai kecintaanmu itu tulus, tentu engkau akan taat kepada-Nya. Karena sesungguhnya, orang yang mencintai itu tentu selalu taat kepada yang ia cintai. (A’idh Al-Qorni)
                   
Apabila secara kebetulan kamu menjadi orang yang dekat dengan penguasa, maka berhati-hatilah kamu, seolah-olah kamu sedang berdiri di atas pedang yang tajam sekali. (Imam Ghozali)
                    
Aku tak suka memakai baju baru, hal itu kulakukan karena aku takut timbul iri hati tetangga-tetanggaku. (Abu Ayub as-Sakhtayani)
                
(Kumpulan Kata Bijak Islami - dari berbagi sumber)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...